Kamis, 23 Januari 2014

Paket Probe Sistem Unix dan Windows 95/98/NT

di penulisan selanjutnya ini saya di tugas kan oleh dosen kemanan komputer, dosen ku meminta untuk menerangkan apa itu pogram penguji pada probing (paket probe) dalam sistem unix dan dalam sistem windows 95/98/NT.
sebelum pembahasan lebih lanjut mari kita jelaskan apa itu paket probe, PROBE berasal dari kata probing yang berarti "meraba" servis apa saja yang tersedia.
program ini juga dapat digunakan oleh kriminal untuk melihat service apa saja yang tersedia di sistem yang akan diserang dan berdasarkan data-data yang di peroleh dapat melancarkan serangan.selanjutnya apa itu sistem unix, UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.



Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows


pada sistem UNIX ada beberapa paket probe diantaranya :

- nmap,
- strobe,
- tcpprobe.

apa itu nmap ?, nmap adalah port scanner yang sangat terkenal dalam dunia hacking. dan banyak sekali digunakan untuk mengaudit suatu system, dimana untuk mengetahui port yang terbuka yang memungkinkan port tersebut dapat di exploitasi oleh sang intruder. selain NMAP msh banyak lagi port scanner di belahan dunia internet, seperti : superscan, THC, BluesPortTool, dll.


apa itu strobe ?, strobe adalah sebuah strobe yang melakukan scanning lokal, hanya mencari service yang dapat dieksploitasi oleh hacker. Nama tersebut diambil dari salah satu program TCP scanning orisinil, meskipun sekarang berbagai tool scanning telah memasukkan fitur ini.


apa itu tcpprobe?, tcpprobe atau juga di maksud probe tcp adalah modul yang mencatat keadaan koneksi TCP dalam menanggapi paket yang masuk. Ia bekerja dengan memasukkan pengait ke jalur pengolahan tcp_recv menggunakan kprobe sehingga jendela windows dan nomor urut dapat ditangkap.



setelah sebelumnya di jelaskan tentang paket probe untuk sistem UNIX maka selanjutnya ialah pembahasan tentang paket probe untuk sistem Windows 95/98/NT dan fariannya.


Windows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager), selain itu juga diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasiMS-DOS dan Windows 16-bit dan Windows 32-bit, dan dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaanhingga 256 karakter, dan browser opsional Microsoft Internet Explorer.
Windows 98 adalah penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem berkasFAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen.
Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP,Windows Server 2003, dan Windows Vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platform mikroprosesor, dimulai dari Intel 80x86 (hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment Corporation Alpha AXP(dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuat oleh pihak ketiga, Intergraph). Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80x86, Intel IA64 dan AMD64 (atau x64), sementara platform lainnya tidak didukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosessor tersebut.

pada sistem Windows 95/98/NT terdapat paket probe diantaranya :
- NetLab
-Cyberkit
-Ogre

Netlab ialah sebuah sistem untuk mengintegrasikan interaksi nyata dan media. Dirancang untuk sketsa proyek dan produksi sistem tersebut.
Cyberkit ialah salah satu software yang berhubungan dengan dunia IT, khususnya dalam keamanan sistem informasi (digunakan oleh para cracker). Software ini adalah salah satu software yang digunakan untuk Probing.
Ogre ialah Program yang juga dapat digunakan oleh kriminal untuk melihat servis apa saja yang tersedia lalu kemudian melakukan penyerangan.
















1 komentar: