Jumat, 12 April 2013

Penalaran deduktif

TUGAS : Penalar Deduktif.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. 
Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum. Istilah deduktif berarti bersifat deduksi.
Kata deduksi yang berasal dari bahasa Latin: deducere, deduxi, deductum berarti ‘menuntun ke bawah; menurunkan’; deductio berarti ‘penuntunan; pengantaran’
jadi deduktif adalah proses penalaranyang bertolak dari peristiwa-peristiwa yang sifatnya umum menuju pernyataan khusus. Karena paragraf ini dikembangkan dari pernyataan umum dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan khusus, dapatlah dikatakan bahwa penalaran paragraf deduktif itu berjalan dari umum ke khusus. Apabila diidentifikasi secara terperinci, paragraf berpola deduktif memiliki ciri-ciri sebagaiberikut.
1) Letak kalimat utama di awal paragraf.2) Diawali dengan pernyataan umum disusul dengan uraian atau penjelasan khusus.3) Diakhiri dengan penjelasan


Contoh  :

rokok menjadi pembunuh nomor satu di Dunia. Merokok diprediksi akan menjadi   kebiasaan yang paling berbahaya bagi kesehatan karena akan membunuh lebih dari 6,4 juta  orang setiap tahunnya mulai tahun 2015, Merokok pun meningkatkan penyebaran penyakit  seperti kanker dan serangan jantung yang prosentasenya 50 persen lebih tinggi dari pada  serangan HIV/AIDS.

-Setiap hari Dandi selalu pulang malam. Sekitar jam 22.00. Sangat lah tak masuk akal jika seorang pelajar pulang terlalu malam. Diapun tak pernah belajar. Hidupnya selalu di penuhi dengan gemerlapnya dunia. Tak ada kata susah didalam pikirannya. Maka dari itu sangart wajar sekali jika Dandi tidak naik kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar